Macam Jenis Usaha Sampingan bidang Kuliner

Dari berbagai jenis bidang usaha di pasaran, usaha terkait bidang kuliner dan makanan termasuk yang paling laris. Hal ini karena makanan adalah kebutuhan banyak orang. Jenis-jenis usaha sampingan pun banyak yang berkaitan dengan bidang ini, baik yang menyangkut makanan ‘berat’ maupun ringan.

Bidang kuliner dan makanan bisa dijadikan alternatif usaha sampingan karena peminat produk makanan cukup banyak. Jika membuka restoran atau warung terlalu berat untuk Anda, usaha sampingan bisa dilakukan dengan berjualan kecil-kecilan atau membuat makanan yang tidak terlalu berat namun banyak dicari.

Usaha yang terkait makanan bisa dimulai dari rumah dan dijual lewat media internet. Bahkan, jika diusahakan dengan serius dan telaten, usaha sampingan ini bisa berkembang menjadi sumber penghasilan utama di dalam rumah tangga, serta membuka kesempatan bagi Anda untuk menjadi wirausahawan.

Berikut adalah beberapa jenis usaha sampingan bidang makanan atau kuliner yang bisa dicoba di sela waktu luang.

Usaha Membuat Bumbu Masakan Jadi

Jika Anda tidak bisa membuka restoran, warung atau usaha katering, bagaimana dengan membuat bumbu masaknya? Walaupun bumbu masak cepat saji sudah banyak dijual di supermarket dan toko, banyak orang mengeluh bahwa bumbu kemasan rasanya kurang mantap, atau malah terlalu mahal. Anda bisa mengolah bumbu masakan di rumah dengan blender atau food processor dan menggunakan kemasan plastik yang bisa dibeli dengan harga murah.

Bumbu masakan jadi ini bisa dipasarkan sebagai bumbu dengan rasa ‘seperti masakan rumah’ sebagai keunggulan produk. Anda pun bisa langsung jual ke teman atau tetangga sehingga lebih praktis.

Usaha Membuat Cokelat

Banyak orang menyukai cokelat, jadi menjual cokelat  buatan sendiri bisa menjadi alternatif usaha bidang kuliner. Cokelat bisa dimasak dalam bentuk lucu untuk memikat anak-anak dan remaja, atau dikemas dalam bentuk yang lebih anggun untuk memikat pembeli dewasa. Usaha membuat cokelat pun tidak perlu dimulai dengan modal banyak; cukup sediakan cokelat, kompor, panci-panci, cetakan es batu, kemasannya dan bahan rasa seperti kacang, kopi dan sereal.

Usaha Reseller Makanan Ringan

Dari macam-macam usaha sampingan terkait kuliner, mungkin ini yang paling tidak repot karena Anda tidak perlu memasak dan mengemas makanan, melainkan cukup menjual produk yang dipasok dari produsen. Ini berarti, Anda cukup membeli paket reseller atau menjualkan makanan dari toko grosir secara online menggunakan akun reseller pribadi. Imbalannya, Anda mendapatkan komisi setiap kali ada produk yang terjual.

Usaha Cemilan Sehat

Tren gaya hidup modern membuat makin banyak orang peduli dengan apa yang mereka makan, termasuk cemilan. Anda bisa membuat cemilan seperti keripik bayam, keripik ubi atau keripik buah yang kemudian dipasarkan sebagai cemilan sehat. Keripik ini cukup mudah dibuat yaitu dengan tepung terigu, bawang putih untuk keripik sayur, sedikit garam dan gula. Anda bisa jual secara langsung atau dititipkan di warung dan toko.

Yang Harus Diperhatikan :
Dalam menjalankan usaha kuliner, Anda harus selalu memperhatikan aspek kebersihan dan kehigienisan. Walaupun hanya usaha sampingan, jika makanan Anda membuat orang sakit, tidak akan ada lagi yang mau membelinya. Pastikan Anda selalu mencuci tangan sebelum mengolah makanan, dan pastikan juga semua perlengkapan memasak serta kemasannya bersih.

Jika Anda berperan sebagai reseller, pilih produsen yang memiliki reputasi baik dengan jenis makanan yang tidak mengandung bahan berbahaya. Pastikan Anda tahu dimana alamat sebenarnya produsen ini agar jenis produknya terjamin.

Asal produknya terjamin dan dilakoni dengan tekun, jenis usaha sampingan apapun yang Anda lakukan akan sukses.
Load disqus comments

0 komentar