Jenis Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga penuh waktu biasanya identik dengan ibu-ibu yang tidak bekerja di luar rumah karena harus menyediakan waktu untuk keluarga terutama anak-anak. Akan tetapi, hal ini bukan berarti ibu rumah tangga tidak bisa melakukan usaha sampingan di rumah. Kemajuan teknologi saat ini telah banyak membantu para ibu rumah tangga untuk mendapat berbagai pilihan cara mendapat penghasilan ekstra.

Idealnya, usaha sampingan yang dilakukan para ibu rumah tangga sebaiknya tidak terlalu memakan waktu sehigga bisa dilakukan sembari mengurus rumah dan anak. Selain itu, usaha sampingan tersebut juga sebaiknya bisa dikerjakan berselang-seling, jadi ibu bisa bebas mengatur waktu untuk melakukan pekerjaan tersebut dan memberikan perhatian pada anak atau pekerjaan rumah tangga.
Berikut adalah beberapa jenis usaha sampingan yang populer di kalangan ibu rumah tangga, baik itu yang melibatkan teknologi, keahlian bahkan pergaulan yang luas.

Membuat Blog dan Menerbitkan Iklan.


Jika Anda cukup melek teknologi dan menginginkan penghasilan pasif, inilah bisnis sampingan di rumah yang paling tepat. Anda bisa memulai sebuah blog (bisa dari blog gratisan saja) dengan tema yang Anda sukai. Lalu, setelah cukup populer, jadikan blog Anda sebagai tempat untuk menerbitkan iklan. Anda bisa menawarkan tempat kosong di blog tersebut atau mendaftarkannya ke situs PPC (pay per click) lokal maupun Google Adsense.

Agar blog Anda cepat terkenal, Anda disarankan untuk membuat konten yang memiliki manfaat praktis bagi pembacanya. Anda bisa membuat pengalaman Anda dalam mengurus Anak, yang bisa dibagikan kepada ibu-ibu lainnya. Anda bisa juga memuat berbagai resep makanan bayi, atau tips menangani berbagai problem pada perkakas rumah tangga.

Sebaiknya, Anda menyediakan waktu 1-2 jam setiap hari untuk mengisi informasi baru pada blog Anda. Artikel pun tidak perlu panjang-panjang; cukup 200 hingga 300 kata. Semakin sering Anda memuat informasi berguna, semakin banyak pula orang yang akan berkunjung ke blog Anda.

Menjadi Reseller.


Menjual barang milik pemasok adalah cara mudah untuk mendapat penghasilan tambahan tanpa keluar dari rumah atau sering-sering meninggalkan anak. Anda bisa menjual barang seperti kosmetik, kemasan makanan, makanan ringan atau pakaian. Anda bisa memanfaatkan akun sosial media, blog maupun langsung menawari para tetangga dan teman-teman Anda.

Menjadi reseller saat ini merupakan salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga yang paling populer. Anda tidak perlu membuat sendiri barangnya, dan Anda bisa lakukan dengan bebas serta metode apa saja tanpa ada tekanan, karena komisi didapat setiap kali ada barang yang terjual.

Untuk menjadi reseller sukses, sebaiknya Anda mencari tahu jenis barang yang kira-kira akan laris dan mudah dipasarkan di lingkungan sekitar Anda. Jika Anda sudah sukses membentuk jaringan pembeli, Anda boleh mencoba memasarkan produk tersebut lebih luas lagi.

Membuat Kerajinan


Inilah usaha yang cocok untuk Anda yang suka berkarya. Anda bisa membuat barang kerajinan kecil-kecilan yang tidak terlalu memakan waktu sehingga masih sempat mengurus anak dan keluarga. Anda bisa membuat barang-barang yang banyak diminati seperti perhiasan atau bros untuk jilbab, atau barang yang bermanfaat seperti sarung ponsel, topi bayi dan rajutan.

Walaupun membuat usaha sampingan di rumah kedengarannya cukup mudah, dibutuhkan ketelatenan dan kreatifitas agar usaha ini bisa cukup menjanjikan sebagai sumber penghasilan tambahan. Anda bahkan bisa mencoba mengembangkannya sebagai sumber penghasilan rumah tangga yang cukup besar.
Load disqus comments

0 komentar