Usaha sampingan sebagai sarana membangun bangsa

Usaha sampingan sebagai sarana membangun bangsa merupakan judul postingan saya yang terinspirasi dari sebuah artikel mengenai kewirausahaan. Sesuai dengan data statistik yang diperoleh dari BPS di dapatkan informasi bahwa dari 238 juta penduduk Indonesia dengan jumlah penduduk usia produktis sebanyak 169,33 juta tercatat hanya memiliki wirausaha sebanya 564.240 unit atau dengan prosentase 0,24 % dari total keseluruhan penduduk di Indonesia. Lalu apa artinya?

Berdasarkan penelitian, yang diungkapkan oleh Deputi Bidang SDM Kementrian Koperasi dan UKM , Neddy Safinaldi Halim melalui Media Indonesia mengatakan bahwa Indonesia seharusnya memiliki 4,07 juta wirausaha.Teori ekonomi yang berkembang mengatakan bahwa suatu negara dapat berkembang dengan perekonomian yang baik jika memiliki minimal 2 % dari jumlah penduduk. Sehingga idealnya Indonesia seharusnya memiliki 4,07 juta wirausaha dari total 238 juta jiwa Indonesia. Namun sampai saat ini, Indonesia baru memiliki 0,24 % atau 564.240 wira usaha. Angka yang sangat jauh dari kata ideal.

Sebagai pembanding, mari kita tengok jumlah wirausaha di negara lain. jumlah wirausaha di Amerika Serikat adalah  11,5%-12%, di Singapura 7%, China dan Jepang 10%, India 7%, dan Malaysia 3%. Indonesia dengan 0,24 % masih jauh tertinggal dari negara-negara tersebut. Angka tersebut jelas membuktikan bahwa Indonesia masih sangat membutuhkan wirausaha dan jalan yang paling memungkinkan bagi anda bahkan saya sendiri adalah membuka usaha sampingan.

Kenapa usaha sampingan? Karena usaha sampingan dapat menjadi alternatif bagi kita untuk membangun suatu bisnis rumahan yang profitable atau menguntungkan. Dengan usaha sampingan tersebut kita masih dapat bekerja namun memiliki pendapatan lain di luar kerja.

Lalu mengapa Usaha Sampingan Sebagai Sarana Membangun Bangsa? Ini dia alasannya.

1. menjadikan tingkat ekonomi masyarakat meningkat

Sekarang mari kita perhatikan, jika kini anda bekerja sebagai karyawan dengan gaji Rp. 2 juta per bulan. Jika anda tidak membuka bisnis sampingan maka anda tidak mendapat pendapatan lain selain yang anda dapatkan di tempat kerja. Tapi jika anda memiliki usaha sampingan secara otomatis anda memiliki pendapatan lain, yang berarti akan membuat tingkat ekonomi anda semakin meningkat. Dan jika banyak masyarakat Indonesia yang membuka usaha sampingan tentu semakin banyak pula penduduk Indonesia yang memiliki pendapatan tambahan dan berarti tingkat ekonomi masyarakat pun meningkat.


2. Dapat Membuka Lapangan Kerja Baru

Usaha sampingan dapat membuka lapangan kerja? Tentu, jika anda dapat mengelolanya dengan baik maka anda dapat menjadikan usaha sampingan anda semakin besar dan pasti membutuhkan tenaga kerja. Dan disitulah nanti fungsi usaha sampingan sebagai lahan pekerjaan yang baru. Jangan remehkan usaha sampingan, karena usaha sampingan bisa jadi membuat anda kaya bahkan dapat memberikan anda uang lebih daripada gaji anda di kantor. Tidak percaya, silahkan baca artikel Kisah Sukses Pelaku Usaha Sampingan


3. Menjadikan Ekonomi Negara Stabil
Logikanya adalah jika masyarakat mencapai kemakmuran maka perekonomian Indonesia akan meningkat. Kenapa? Jika anda di PHK oleh tempat anda bekerja, maka, yang terjadi adalah anda akan menjadi pengangguran. Dan itu tentu akan membuat ekonomi anda menurun. Namun lain cerita jika anda memiliki usaha lain selain hanya bekerja di sebuah perusahaan. Meskipun anda di PHK maka anda masih dapat bergantung pada usaha sampingan anda, bahkan anda akan lebih bisa fokus ke usaha smpingan anda, ada banya kisah justru ketika setelah di PHK ternyata dapat sukses karena usaha sampingan.

Bayangkan, di tahun 1998, dimana perekonomian Indonesia ambruk serta inflasi meningkat. Ribuan buruh dan karyawan di PHK. Tingkat perekonomian menurun drastis sementara para karyawan yang di PHK tidak memiliki sumber pandapatan lain. Itulah sebabnya Indonesia langsung goyah, karena ekonomi masyarakat menurun.

Dari uraian artikel Usaha sampingan sebagai sarana membangun bangsa , semoga dapat membuat kita yakin akan usaha sampingan. Dan kini anda tahu, bahwa usaha sampingan bukan hanya semata sebagai keuntungan pribadi bagi anda, namun juga sebagai sarana membangun masyarakat Indonesia terlebih jika anda bisa sukses. Jika anda bingung dengan contoh ide usaha sampingan yang cocok bagi anda. silahkan anda klik artikel di bawah ini. Semoga dapat membantu anda menentukan usaha sampingan yang cocok bagi anda.
Load disqus comments

0 komentar