Memilih Jenis - jenis Usaha Sampingan Terbaik 2015

Memilih Jenis - jenis Usaha Sampingan Terbaik 2015 | Bagi mereka yang paham dunia bisnis, langkah awal dari perjalanan bisnis adalah memilih Jenis Usaha Sampingan, karena memilih jenis bisnis sampingan merupakan pijakan pertama yang akan menentukan arah mana bisnis tersebut akan berjalan.

Banyak pemula sampingan yang kemudian terlalu sibuk mencari jenis usaha sampingan yang menguntungkan bagi mereka, dengan referensi utama adalah keuntungan besar. namun, banyak dari mereka melupakan beberapa bagian yang teramat penting yakni analisis SWOT ( Strengths Weaknesses Opportunities Threats )


Analisis SWOT adalah sistem perencanaan strategi untuk menentukan suatu pilihan bisnis dengan cara mempertimbangkan kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.

Dengan kata lain, Analisis SWOT adalah suatu sistem atau cara dalam menentukan suatu keputusan dengan melihat kepada kekuatan kita, kelemahan  kita, peluang bisnis yang akan kita jalanai dan resiko atau ancaman dari bisnis sampingan atau utama yang kita jalani.

Untuk itu, akan saya jelaskan satu persatu bagaimana memilih bisnis sampingan untuk usaha anda di rumah dengan menggunakan analisis SWOT :

1. Strengths ( Kenali kekuatan atau kelebihan anda )
Merujuk kepada pendapat pra tokoh pendidikan dan kecerdasan. setiap manusia memiliki kecerdasannya masing - masing, entah itu di bidang musik, olahraga, atau mungkin ahli berfikir. sesorang sangat ahli menghitung namun sulit ketika berurusan dengan orang lain. Ada lagi sebagian orang yang sangat ahli bicara namun lemah untuk urusan menganalisis.

Karakteristik manusia itulah yang kemudian harus anda kenali. khususnya karakteristik diri anda sendiri. kenali kemampuan anda, apakah dalam hal berhitung, berfikir analisis, termasuk hobi anda. Hobi dan bakat anda juga termasuk kedalam daftar Strengths yang harus anda gali kemudian anda konversikan kedalam keputusan bisnis atau usaha sampingan anda. pilihlah yang sesuai dengan Kemampuan atau bakat anda dan utamakan yang sesuai dengan hobi atau kesukaan anda.

2. Weaknesses ( Kenali Kelemahan Anda )
Selain anda memiliki bakat, kemampuan atau kelebihan anda juga di modali dengan kekurangan atau kelemahan. Kelemahan ini lah yang harus anda pertimbangkan guna menghindari kegagalan. Misalkan anda tidak pernah bersekolah atau tidak pernah menuntut ilmu di bidang web programing kemudian anda memilih bisnis web programing, apa yang terjadi 80 % kegagalan menanti anda.

Lalu apakah masih ada perluang sukses? Tidak ada hal yang tidak mungkin, anda pasti bisa sukses, namun jika anda memilih bisnis sampingan yang sejatinya tidak anda kuasai maka akan memakan waktu, tenaga, pikiran dan juga dana yang lebih besar.

Selain itu, anda juga jangan memaksakan pada pilihan yang sebenarnya anda tidak suka, anda bukanlah seorang pecinta hewan, bahkan anda merasa jijik dengan hewan, eh, anda memilih bisnis kambing, bisa - bisa mati kambing - kambing anda. 

3. Opportunities ( Kenali Peluang pasar )
Bukalah mata anda terhadap perkembangan jaman sekarang, lihat pula keadaan atau corak kehidupan masyarakat anda. Setelah itu tentukan mana jenis bisnis yang memiliki peluang besar yang bisa anda jalankan sesuai dengan pangsa pasar.

contoh kasus I
Anda membuka usaha warnet yang belum ada di daerah anda. yang menjadi pertimbangan anda adalah karena usaha rumahan warnet belum ada di tempat anda terlebih lagi dengan semakin meraja lelanya facebook di masyarakat. setelah anda buka ternyata warnet anda tidak laku, kenapa? ternyata warnet anda di tawarkan kepada masyarakat yang buta huruf di pedalaman.

Contoh kasus II
Anda tinggal di daerah kampus yang banyak mahasiswa, anda kemudian membuka jasa fotokopi. anda yakin pasti laris tapi ternyata tidak, kenapa? karena ternyata ada banyak saingan yang lebih besar lebih baik kualitasnya dari anda.

4. Threats ( kenali resiko )
Jika anda memilih bidang perikanan, maka anda akan berurusan dengan cuaca, suhu dan hal lain yang sangat detil. Resiko di bidang ini tergolong besar, berbeda dengan jika anda membuka atau menjual barang - barang yang tidak tergantung suhu atau cuaca. resiko akan lebih kecil.

Anda harus mengetahui dan memahami ancaman - ancaman dan resiko yang bisa saja menghadang laju bisnis anda bahkan menghancurkan bisnis anda. 

Pada kenyataannya, tidak ada yang tidak mungkin dari apa yang anda usahakan. namun, untuk mendapatkan hasil terbaik dan tercepat dari usaha anda, maka jadikanlah 4 hal diatas sebagai rujukan sederhana dalam memilih usaha sampingan anda. untuk membantu anda, silahkan buka artikel 3 JENIS USAHA SAMPINGAN PALING MENGUNTUNGKAN
Load disqus comments

0 komentar