Lowongan Kerja Sepanjang Masa

Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillah Anda bisa berjumpa dengan tulisan ini, kemungkinan Anda sedang pusing cari pekerjaan ya. Mungkin karena Anda baru lulus sekolah, SMA atau kuliah, atau mungkin Anda baru saja di PHK, atau mungkin saja Anda baru keluar dari suatu pekerjaan. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalamam kepada Anda. Semoga bermanfaat.

Perkenalkan nama saya Arifin. Pendidikan terakhir S1 Teknik Mesin UNS angkatan 2002, lulus tahun 2007 dengan IPK 3,17. Sebagai seorang fresh graduate tentunya saya sangat berkeinginan berkerja di bidang yang sesuai dengan disiplin ilmu yg saya pelajari. Sudah tak terhitung lamaran yang sudah saya kirimkan, tak terhitung pula tes yang sudah saya jalani baik di dalam kota maupun luar kota, tentunya sudah banyak biaya yg dikeluarkan. Qoddarulloh belum ada yang nyantol, pernah sekali diterima di sebuah BUMN dibidang kontraktor, tapi cuma sekitar dua minggu saja, kemudian saya dikeluarkan, karena perbedaan prinsip dalam agama.

Saat itu saya baru saja menikah, pekerjaan sambilan saya adalah jualan kripik belut, saya titipkan di warung makan atau kantin. Modal usaha semakin menipis karena banyak juga buat biaya tes ke luar kota. Akhirnya saya bekerja di perusahaan supplier cartridge toner milik seorang ikhwan yang dulu satu majlis ta'lim dengan saya. Posisi saya sebagai seorang sales telemarketing. Alhamdulillah bermodal pengalaman sales kanvas kecap yang dulu semasa kuliah saya jalani dan sales kripik belut, posisi sales telemarketing bisa saya jalani dengan menyenangkan. Tak terasa 6 tahun saya jalani sebagai seorang telemarketing, posisi terakhir sebagai Sales Supervisor selama 2 tahun. Qoddarulloh, saya harus memutuskan resign dari perusahaan tersebut, saya pulang kampung untuk menemani Ibu saya. Bingung juga mau usaha apa lagi, tapi saya yakin pintu-pintu rizki yang halal sangat terbuka luas. Walaupun kondisi modal sudah menipis, saya yakin, InsyaAlloh saya bisa usaha mandiri.

Sebelumnya saya berencana untuk usaha budidaya lele dan sekaligus pemasarannya, qoddarulloh modal belum mencukupi sedangkan kebutuhan harian harus segera terpenuhi. Akhirnya setelah minta musyawarah kepada orang tua dan shalat istikharah saya tekadkan untuk membantu Bapak saya memasarkan susu kedelai. Saya jual keliling kampung, sekolah PAUD, TK dan SD. Walaupun saya sudah lama jadi sales, tapi ternyata hari pertama saya jualan susu kedelai masih ada rasa minder, gengsi, was-was. Mungkin karena saya terlalu lama tidak menawarkan barang, karena 2 tahun jadi SPV lebih ke koordinasi anak buah, ya kadang-kadang terjun langsung klo anak buah perlu dibantu. Dan juga ada rasa gengsi, mungkin masih ada rasa kesombongan dalam hati saya, sehingga merasa tidak layak untuk jualan susu kedelai keliling. Tapi itu adalah pikiran yang negatif yang harus saya lawan. Alhamdulillah bisa saya atasi dan pekerjaan ini masih saya jalani. Memang hari pertama memulai jualan serasa mau berangkat ke medan perang saja, betul-betul berkecamuk dalam dada. Setelah berjalan tiga hari pekerjaan ini terasa sudah biasa dan sudah enjoy rasanya. Bahkan kalau mau libur sehari saja eman-eman. 

Usaha susu kedelai InsyaAlloh sangat menguntungkan, sabagai contoh usaha susu kedelai yang saya jalani bersama Bapak saya, keuntungan bisa mencapai 147% dari modal uang yang dikeluarkan, tanpa diperhitungkan tenaga, karena semua kita kerjakan sendiri. Memang kalau semua dilakukan sendiri sulit untuk berkembang, karena keterbatasan waktu dan tenaga. InsyaAlloh usaha ini masih bisa dikembangkan dengan memperbaiki sarana dan sistem produksi dan juga menambah tenaga penjualannya.

InsyaAlloh bagi seorang yang mau berlatih jadi seorang sales, lowongan kerja akan selalu ada dan terbuka lebar. Anggap saja pekerjaan menawarkan produk itu seperti kita sedang memancing ikan. Lempar kail sebanyak-banyaknya ditempat yang banyak ikannya, InsyaAlloh dapat ikannya juga banyak. Jadi nikmatilah profesi ini, selayaknya sedang menikmati hobi memancing ikan.

Seorang wirausaha harus disiplin, walaupun dia lebih bebas dalam mengatur pekerjaannya. Jangan sampai sebagai wirausaha tanpa target dan tanpa komitmen. Seandainya dia bekerja dengan durasi waktu yang sama seperti dia bekerja sebagai seorang karyawan, tentunya hasilnya sangat luar biasa, dengan ijin Alloh tentunya. 

Demikian contoh kisah nyata yang saya alami, semoga pengalaman saya ini bisa jadi inspirasi dan lowongan kerja untuk yang tidak mengenyam pendidikan formal sekalipun, atau bisa menjadi info lowongan kerja untuk lulusan SMA atau bahkan lulusan sarjana. InsyaAlloh peluang kerja sangat banyak, jangan sampai kita sendiri yang mempersempit peluang kerja yang ada.

Contoh peluang usaha:
Jualan kue leker, cimol, ice cream, siomay, cilok, ice juice, bakso ojek, burger mini.
Terima pesanan antar jemput air minum galon, gas elpiji 3 kg, lele segar.

Ide Bisnis Rumahan, misal:
Jualan emping jagung online, karena tetangga ada yang produksi emping.
Bisnis online: jualan burung online, kelinci online, ikan online, baju batik online, kaos online, toko online.
Peluang usaha ternak kenari, ternak lele, ternak kroto, bisnis peternakan ayam, ternak burung puyuh.

Yang penting segera bergerak sesuai apa yang kita punyai sekarang, jangan menunggu ini dan itu. Take action sekarang, semampu danamu, semampu tenagamu, semampu waktumu, semampu pikiranmu, semampu keluargamu. Setelah kamu bergerak kamu akan tahu kemana lagi engkau akan melangkah.

Bersemangatlah pada apa-apa yang bermanfaat bagimu, dan minta tolonglah kepada Alloh dan jangan merasa lemah.
Semoga Alloh memberikan kemudahan bagi anda yang sedang mencari lowongan kerja. Amiin
Load disqus comments

0 komentar