Materi Tentang Apresiasi Seni Rupa Lengkap




seni budaya

Apresiasi Seni Rupa Terapan

       Seni memiliki nilai estetis yang disukai dan dibutuhkan oleh manusia dan mengandung ide-ide yang dinyatakan dalam aktivitas atau rupa sebagai lambang. dengan seni kita memperoleh kenikmatan sebagai akibat refleksi perasaan terhadap stimulus yang kita terima.


 A. Seni Rupa Terapan

        1. Pengertian Seni rupa

     Seni rupa adalah sebuah konsep atau nama untuk salah satu cabang seni yang bentuknya terdiri atas unsur-unsur rupa yaitu : Garis,bidang,bentuk,tekstur,ruang dan warna. Unsur unsur tersebut menjadi satu dalam sebuah pola tertentu. Karya seni rupa dapat dibagi menjadi dua yaitu : karya seni dua dimensi dan karya seni rupa tiga dimensi. 
  •     Karya seni rupa dua dimensi adalah karya seni rupa yang hanya memiliki dimensi panjang dan lebar atau karya yang hanya dapat diilihat dari satu arah.  contoh : Seni lukis , Seni grafis , seni ilustrasi,relief.
  •     Karya seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki dimensi panjang,lebar,tinggi atau karya yang memiliki volume atau ruang . contoh : seni patung , seni karya , seni keramik , seni arsitektur .
Karya rupa jika di lihat dari dari segi fungsi nya dapat di kelompokan menjadi 2 yaitu :
     - Seni murni ( fine art )
     - Seni terapan (applied art )
  • Seni murni adalah karya seni rupa yang dibuat semata-mata untuk memenuhi kebutuhan artistik. orang menciptakan seni murni umumnya berfungsi sebagai sarana untuk mengekspresikan cita rasa estetik.
    yang tergolong seni murni yaitu seni lukis,seni patung,seni grafis,dan sebagian seni kerajinan.
  • Seni terapan adalah karya seni rupa yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan praktis. contoh seni terapan yaitu : arsitektur,poster,keramik,baju,sepatu,dan lain lain.. Dalam pembuatan seni pakai biasanya faktor kegunaan lebih diutamakan dari pada keindahan atau artistik.

2. Apresiasi

    Apresiasi berasal dari bahasa inggris Aprreciation artinya penghargaan . yang berarti kemampuan untuk menghargai , mengagumi , menilai dan menghayati karya seni rupa. Apresiasi dapat bersifat objektif dan subjektif. Apresiasi objektif yaitu apresiasi berdasarkan kaidah-kaidah atau norma yang berlaku serta penghayatan seni terhadap karya. sedangkan apresiasi subjektif yaitu apresiasi berdasarkan rasa suka atau tidak suka pribadi terhadap karya seni rupa.


Definisi seni menurut para ahli 

    Kedalaman dan kompleksitas seni menyebabkan para ahli membuat definisi seni untuk mempermudah kita memahami.
Dibawah ini ada beberapa definisi atau pengertian lain dari Seni menurut para ahli.
  1. Ensiklopedia Indonesia
    Seni adalah Penciptaan benda atau segala hal yang karena keindahan bentuknya, orang senang melihat dan mendengar.
  2. Ki Hajar Dewantara
    Seni adalah perbuatan manusia (pengubah) yang timbul dari perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapat menggerakkan jiwa dan perasaan manusia ( penerima)
  3. Aristoteles
    Seni merupakan peniru bentuk alam dengan kreatifitas dan ide pengubahnya agar lebih indah.
  4. Thomas munro
    Seni adalah alat buatan manusia (penggubah ) untuk menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain (penerima) yang melihatnya.
  5. Leo Tolstoy
    Seni adalah suatu kegiatan manusia yang secara sadar dengan perantara tanda-tanda lahiriah tertentu menyampaikan perasaan-perasaan yang telah dihayatinya kepada orang lain.
  6. Achdiat Kartamiharja
    Seni adalah kegiatan rohani manusia yang mereflesikan realitas kedalam suatu karya. bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkanpengalaman tertentu dalam batin penerimanya.

Mungkin cuma itu saja yang bisa saya berikan.bila ada kata atau kalimat yang kurang tepat,saya mohon maaf karena saya disini cuma mengasih apa yang saya ketauhui. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam pembelajaran Seni budaya yang materinya tentang Apresiasi Seni Rupa Terapan.
    Bagikan Ke Teman Anda
    Materi Tentang Apresiasi Seni Rupa Lengkap | Aris Subekti | 5