Motivasi Salesman

Sales adalah pekerjaan yang penuh tantangan dan mengasikkan. Di perusahaan dulu tempat saya bekerja, departemen sales adalah departemen yang paling eksekutif. Banyak departemen lain yang ingin mendapatkan income seperti yang didapatkan seorang senior sales. Memang pendapatan bulanan yang didapatkan bisa berkali lipat bagi sales yang capai password penjualan.
Salesman atau tenaga penjualan adalah ujung tombak dari suatu usaha. Bila penjualan tidak berfungsi dengan baik tentunya akan berakibat terhambatnya pertumbuhan suatu usaha. Maka sebagai ujung tombak harus selalu menjaga semangat dan motivasi. Musuh utama seorang salesman adalah kejenuhan dalam melakukan aktivitasnya. Berikut kami sajikan beberapa faedah ilmiah yang semoga bisa menumbuhkan semangat dan motivasi kerja seorang tenaga penjualan.

1.       Rasulullah  shallallahu 'alaihi wasallam memberikan motivasi
 “Berusahalah untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu, dan mintalah pertolongan Allah dan janganlah sampai kamu lemah. Jika sesuatu menimpamu, janganlah engkau berkata ‘seandainya aku melakukan ini dan itu, niscaya akan begini dan begitu.’ Akan tetapi katakanlah Qodarullah wa maa-syaa-a fa’ala (Allah telah mentakdirkan segalanya dan apa yang dikehendaki-Nya pasti dilakukan-Nya).’ Karena sesungguhnya (kata) ‘seandainya’ itu akan mengawali perbuatan syaithan.” (Shahih, riwayat Muslim dalam Shahih-nya (no. 2664))

2.      Bertawakal seperti tawakalnya burung
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
Seandainya kalian sungguh-sungguh bertawakal kepada Allah, sungguh Allah akan memberi kalian rezeki sebagaimana Allah memberi rezeki kepada seekor burung yang pergi dalam keadaan lapar dan kembali dalam keadaan kenyang “ (HR. Imam Ahmad, Tirmidzi, Nasaai, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban, dan Al Hakim. Imam Tirmidzi berkata : hasan shahih)

3.      Yakin rezeki kita sudah Alloh takdirkan
Dari Abdullah bin Mas’ud, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
“Sesungguhnya Ruhul Qudus meniupkan di dalam jiwaku, sesungguhnya jiwa tidaklah akan mati sehingga telah sempurna rezekinya, maka takutlah kepada Allah dan carilah rezeki dengan cara yang baik.”
Maka yakinlah kita sudah dapat jatah rezeki, jangan sampai diraih dengan cara-cara yang haram.

4.      Bersabarlah dengan berusaha yang halal.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
“Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya” HR at-Tirmidzi (no. 2417), ad-Daarimi (no. 537), dan Abu Ya’la (no. 7434), dishahihkan oleh at-Tirmidzi dan al-Albani dalam “as-Shahiihah” (no. 946) karena banyak jalurnya yang saling menguatkan.

5.      Mengharap Pahala
Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
“Sesungguhnya, tidaklah engkau mengeluarkan nafkah dengan mengharap wajah Allah kecuali engkau diganjari pahala atasnya hingga sesuatu yang engkau suapkan ke dalam mulut istrimu”. [HR Al-Bukhari]

6.      Sandarkan rezeki hanya kepada Alloh jangan kepada konsumen/pelanggan.
Terkadang kita sangat berharap pelangggan kita mau repeat order, qoddarulloh malah nda order. Alhamdulillah yang order konsumen baru lagi.

7.      Ingat anak istri. Berikan yang terbaik buat keluarga tercinta.

Semoga beberapa point diatas bisa menggugah semangat yang menggebu di dalam hati sanubari. Semangat yang betul-betul muncul dari dalam diri kita, InsyaAlloh semangatnya lebih istiqomah. Amiin.

Disusun dari berbagai sumber.
Arifin, ST
Sales Kanvas
Telemarketing
SPV Telemarketing
Load disqus comments

0 komentar