Pengertian Demokrasi menurut para ahli politik


 Assalamualaikum

Pengertian Demokrasi menurut para ahli.


   Negara kita menganut sistem pemerintahan demokrasi. sistem m pemerintahan demokrasi merupakan sistem yang telah dipilih oleh bangsa indonesia. Indonesia pernah menerapkan beberapa sistem pemerintahan , yaitu Demokrasi liberal, Demokrasi palementer, dan demokrasi terpimpin.  Sistem pemerintahan demokrasi juga sesuai dengan yang diamanahkan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea ke-4 yang menyatakan bahwa negara indonesia adalah negara yang berkedaulatan / demokrasi. 

Istilah demokrasi sudah muncul sejak lama. Bahkan sejak belum dikenalnya kehidupan berbentuk negara. Istilah demokrasi muncul pertama kali dalam kerya klasik Yunani yang berjudul Polis. Pada awalnya istilah ini digunakan untuk merujuk kepada suatu sistem pemerintahan di mana masyarakat yang lebi miskin dap at menggunakan kekuasaan untuk membela  kepentingan meraka yang seiring berada  dari kepentingan kaum yang kaya  atau bangsawan.

Pengertian Demokrasi

       Demokrasi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri atas dua kata , yaitu demos dan kratein
Demos berarti rakyat dan kratein berarti memerintah. Dengan demikian ,dari kedua kata tersebut dapat diartikan bahwa Demokrasi adalah " Pemerintahan Rakyat" Dari pengertian tersebut maka istilah demokrasi berarti bahwa sistem demokrasi yang di dalamnya seluruh kekuasaan tertinggi berada di tangan  rakyat  ( Kedaulatan raktat ).
Cikal bakal konsep mdemokrasi yang umumnya di mengerti sekarang adalah berasal dari Revolusi Prancis pada tahun  1789, Seperti yang termaktub dalam semboyannya yaitu liberte ( Kebebasan) , egalite               ( Persamaan)  dan fraternite ( Persaudaraan ). Pada waktu itu , gagasan tentang demokrasi muncul  sebagai kritik kaum Republiken terhadap lembaga monarki di Eropa.
      Pada masa awal kelahiranya atau pada masa yunani kuno, demokrasi dapat benar-benar dilaksanankan oleh rakyat secara langsung. HAl itu karena kehidupan masyarakat pada waktu itu masih memungkinkan rakyat untuk berkumpul bersama dalam satu tempat dan mengambil keputusan. Negara-negara yunani pada masa itu merupakan negara kota (polis), khususnya di kota Athena.
      Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) disebutkan bahwa pengertian demokrasi adalah Pemerintahan oleh rakyat di mana kekuasaan tertinggi  di tangan rakyat dan di jalankan langsung oleh mereka atau wakil-wakil yang mereka pilih di bawah sistem pemilihan yang bebas. 
     Demokrasi merupakan istilah yang sangat populer dalam kehidupan bernegara . Istilah demokrasi telah banyak dikaji oleh para ahli politik dan pemerintahan.Baknyak ahlidan tokoh mengemukakan rumusannya tentang demokrasi.


Berikut adalah para ahli dan tokoh yang mengemukakan rumusan tentang demokrasi.

  • Carol C.Gould   Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan yang di dalamnya rakyat memerintah sendiri, baik melalui partisipasi langsung dalam merumuskan keputusan-keputusan yang mengetahui mereka.
  • Samuel Huntington  Suatu sistem di namakan demokrasi jika para pembuat keputusan kolektif yang paling kuat dalam sistem itu dipilih melalui pemilihan yang jujur dan adil. Para calon bebas bersaing untuk mendapatkan suara dandan penduduk berhak memberikan suara
     
  • Abraham Lincoln
       Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat , oleh rakyat , dan untuk rakyat.
     
  • Hans Kelsen   Demokrasi pada hakikatnya adalah pemerintahan oleh rakyat dan untuk rakyat. Jadi, dalam perkembangan nya demokrasi gambarannya  adalah sebagai berikut.
    1.  Hal yang menjadi pelaksana di negara demokrasi adalah wakil rakyat yang terpilih.
    2. segala kehendak dan kepentingan rakyat akan diperhentikan oleh wakil  rakyat dalam melaksanakan kekuasaan negara.
    3. Cara melaksanakan kekuasaan negara demokrsasi ialah senantiasa mengingat kehendak dan keinginan rakyat.
    4. Kekuasaan negara demokrasi yang boleh dilaksanakan untuk memperoleh hasil yang di inginkan oleh rakyat. 


    Mungkin cuma itu yang bisa aya sampaikan tentang materi PKN . kalau ada salah kata atau kalimat tolong diamaafkan, karena kesempurnaan bukan milik manusia, kesempurnaan hanya milik Tuhan semata.

    Bagikan Ke Teman Anda
    Pengertian Demokrasi menurut para ahli politik | Aris Subekti | 5