Peluang Usaha Bisnis di Bulan Puasa Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinantikan oleh kaum muslimin. Bagi seorang pengusaha makanan tentunya bulan puasa adalah bulan spesial. Dia harus merubah strategi dan jadwal jualannya. Berikut kami sajikan beberapa ide peluang usaha di bulan ramadhan:

1. Makanan dan Minuman untuk berbuka
Hampir di semua tempat bermunculan pedagang baru untuk menjajakan makanan atau minuman untuk berbuka puasa. Boulevard kampus juga tak luput dari sasaran para pedagang kaget ini. Jalan-jalan jadi penuh sesak ketika waktu menjelang berbuka telah tiba. Menu yang banyak dijual misalnya: kolak, bubur, macam-macam es, es dawet, es cincau, es camcau, es degan, dan makanan manisan lainnya.

2. Kurma
Makanan satu ini tak luput dari menu di bulan Ramadhan. Karena memang ada contoh dari Rasululloh shalallohu alaihi wasallam. Sebagaimana amalan Nabi Shalallohu alaihi wasallam yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik, beliau berkata yang artinya:
“Rasulullah Shalallohu alaihi wasallam berbuka dengan ruthab (kurma basah) sebelum melaksanakan shalat (Maghrib), maka jika tidak ada ruthab (beliau berbuka) dengan tamr (kurma kering), jika tidak ada (tamr) maka beliau berbuka dengan meneguk air.” (Hadits hasan sahih, riwayat Abu Dawud dan lainnya, lihat Shahih Sunan Abi Dawud, 2/59 no. 2356 dan al-Irwa’, 4/45 no. 922). Sumber Majalah Asy-Syariah.
Manfaat kurma adalah sebagai makanan, buah, manisan dan obat. Berbagai jenis kurma sudah banyak beredar di Indonesia, mulai dari jenis yang murah sampai yang mahal. Kurma yang terkenal adalah jenis kurma Ajwah.

3. Susu Kedelai
Minuman ini termasuk minuman yang digemari masyarakat ketika berbuka puasa. Disamping minuman manis yang cocok untuk berbuka juga terkandung banyak manfaat didalamnya. Terbukti kita jualan bada Asar sampai menjelang berbuka susu kedelai laris terjual. Biasanya dibulan Ramadhan kita dapat pesanan susu kedelai buat buka bersama. Bagi Anda yang ingin usaha susu kedelai lengkap dengan strategi pemasarannya bisa mengikuti Pelatihan Online dengan kami di artikel Cara Membuat Susu Kedelai.

4. Makanan Ringan atau Snack
Ini adalah bisnis yang sangat ramai menjelang hari raya Idul Fitri. Tentunya banyak saudara dan karib kerabat yang saling mengunjungi di hari lebaran, makanya masing-masing telah menyiapkan jamuan untuk menyambut tamu yang datang.

5. Baju
Tak ketinggalan pula, bisnis baju yang ramai di akhir bulan puasa, pasar-pasar, mall-mall bahkan pedagang keliling sudah mulai bersiap sambut peluang ini. Bagi Anda yang belum punya modal bisa saja ikut bagian dalam bisnis ini yaitu sebagai reseller. Banyak produsen yang membutuhkan tenaga penjualan untuk menghadapi momen yang singkat ini agar jangan sampai kewalahan memenuhi permintaan pasar.
Load disqus comments

0 komentar