Usaha Isi Ulang Air Minum sebagai Sampingan untuk Karyawan

Usaha Isi Ulang Air Minum sebagai Sampingan untuk Karyawan
Bismillah.
Berawal dari kebutuhan air minum untuk kebutuhan sendiri, akhirnya sekalian kita mendaftarkan diri menjadi agen air minum isi ulang "Al-Ghuroba".

Air minum ini dari kelas air minum isi ulang jenis air mineral, pelanggan dipinjami galon, jadi setiap mereka pesan air, tinggal dikirim air dengan galon yang baru, galon yang kosong kita ambil. Jadi produsen disamping memiliki alat filter air juga harus mempunyai galon yang banyak untuk pendistribusiannya. 

Alhamdulillah usaha ini hampir-hampir tanpa modal, cuma deposit harga air 20 galon x @ Rp 3.800,-, jadi cuma butuh beli Rp 76.000,- untuk sekali pengiriman. Galon dan bronjong besi dipinjami pihak produsen. Intinya usaha ini bermodal kepercayaan.

Saat itu saya masih bekerja sebagai karyawan, hari senin - kamis jam kerja 07.30 - 16.30, hari jum'at 07.30 - 17.00, hari Sabtu dan Ahad libur. Pengiriman air ke tempat pelanggan sudah terpola, yaitu bada sholat Shubuh sampai jam 07.00 dan setelah pulang dari kantor sampai jam 21.00. 

Pertama-tama saya tawarkan ke tetangga terdekat dengan memberikan brosur, kemudian saya keliling kampung membagikan brosur air minum siap antar. Pada awalnya pelanggan masih sangat minum, Alhamdulillah semakin hari pelanggan semakin bertambah, sehingga setiap harinya bisa mengantar sampai sekitar 20 galon. Dengan ijin Alloh, penambahan pelanggan paling banyak karena informasi dari mulut ke mulut, pelanggan memberikan referensi kepada saudaranya, tetangganya bahkan kenalannya.

Harga jual Rp 5.500,- pergalon, sehingga keuntungan per galon sebesar Rp 1.700,-. Sehingga sehari bisa mendapat keuntungan sampai sekitar Rp 34.000,-. Alhamdulillah bisa untuk kebutuhan harian rumah tangga.

Bila air tinggal 10 galon, kita langsung SMS untuk segera dikirimi stok yang baru. Biasanya besok harinya baru dikirim dengan menggunakan mobil pickup. 

Usaha air minum semakin dibutuhkan di lingkungan padat penduduk, karena sulitnya mereka mendapatkan air bersih untuk kebutuhan air minum. Bahkan dipedesaan pun usaha ini sudah mulai bermunculan, karena lebih praktis dan higienis ketimbang mereka memasak sendiri.

Kiat suskses usaha ini adalah selalu menjaga kepuasan pelanggan dengan berusaha menepati janji dalam pengiriman, bisa segera dikirim air yang mereka pesan. Apabila ternyata ada keterlambatan harus segera memberikan informasi ke pelanggan, agar mereka bisa segera ambil alternatif lain sembari menunggu stok kita sudah ada. Kiat sukses lainnya adalah selalu berusaha melayani dengan senang hati dan ramah, karena setiap kita ketemu dengan pelanggan pasti akan terlihat dari raut muka kita.

Usaha ini InsyaAlloh masih bisa dikembangkan dengan cara menambah tenaga pengiriman, menyebar brosur di wilayah lain untuk menambah pelanggan. Bahkan pada saatnya nanti Anda bisa memiliki alat filter sendiri dan galon sendiri.

Demikin yang bisa kami sampaikan, semoga menjadi inspirasi usaha sampingan bagi Anda. Semoga bermanfaat.
Load disqus comments

0 komentar