Bisnis Online Rumahan yang Menguntungkan untuk Pemula

Alhamdulillah saya sedang semangat lagi untuk menulis sebuah artikel. Artikel ini berdasarkan pengalaman saya dalam usaha menekuni bisnis online. Sebagai mentor dalam bisnis ini adalah saudara saya sendiri dan otodidak googling di internet.  Saudara saya mungkin sudah tergolong master SEO lah, karena dalam salah satu situsnya, visitor yang datang bisa mencapai 60.000 per hari.

Bisnis online saya bagi menjadi 3:
a.   Toko Online: kita mendapatkan uang dari pembeli produk  kita.
Keuntungan: produk yang kita jual bisa dipastikan kehalalannya.
Kelemahan: butuh kesabaran tinggi melayani pertanyaan-pertanyaan calon pembeli.
b.      Media Iklan/Makelar/Perantara: kita mendapatkan uang dari pihak ketiga, misal ikut program: Google Adsense, Bing Adsense, Infolinks, Buysell ads, Viglinks, Chitka, Media.net, TribalFusion, BuySellAds, Superlinks, Adengage, Kliksaya, dan masih banyak lagi yang lain yang belum saya ketahui. 
Keuntungan: Tidak repot melayani calon pembeli yang sering PHP (Pemberi Harapan Palsu)
Kelemahan: Iklan yang tampil beberapa yang tidak layak tampil, kita usahakan setiap hari memfilter iklan yang tayang. Bagi yang ingin list iklan yang saya filter bisa kirim email ke arifin.usaha@gmail.com,
c.    Gabungan: Website kita jadikan toko online dan juga kita daftarkan sebagai media iklan.


Langkah-langkah Bisnis Online
1.      Menentukan topik (niche) blog atau website yang akan kita buat. 
      Berikut 9 niche yang popular: Kesehatan, komputer, fashion, review produk, otomotif, perumahan dan travelling. Syukur anda pilih sesuai pengalaman atau keahlian Anda sendiri, sehingga artikel yang Anda tulis berbobot dan disukai para pembaca.
2.      Membuat Blog atau website
      Ada yang berbayar dan ada yang gratisan. Sebaiknya kita pilih yang berbayar agar lebih dipercaya. Tapi kalau untuk belajar kita buat yang gratisan dulu saja. Cara Membuat Blog atau website bisa Anda pelajari disini. Mungkin bisnis online gratis tanpa modal dalam hal ini belum bisa 100%, tapi walaupun begitu bisnis ini termasuk usaha modal kecil.
3.      Menulis Artikel
      Gunakan Keyword Planner dalam memilih judul dan kata-kata didalam artikel. Ini namanya SEO On Page. Kita upayakan agar kata-kata dalam judul dan isi artikel mengandung banyak kata kunci yang dicari pengguna internet, tapi tetap harus tersusun dalam suatu kalimat yang bisa dimengerti, bukan hanya susunan kata kunci saja. Buatlah artikel sebanyak-banyaknya dengan kualitas sebagus-bagusnya. Agar pengunjung dengan senang hati menge-share artikel kita atau balik lagi berkunjung ke website kita.
4.      Promosikan website Anda
      Layaknya kita jualan barang, setelah website (barang) kita buat sebagus-bagusnya lalu kita promosikan ke pada orang sebanyak-banyaknya.  Kalau produk kita buatkan brosur, kemudian brosur itu kita sebar atau kita tempel ditempat keramaian. Kalau website kita sebar url website kita melalui media sosial, komentar di website orang lain atau dijadikan sebagai sumber referensi oleh orang lain. Intinya url website kita tersebar sebanyak-banyaknya, inilah yang disebut backlink atau SEO Off Page. Dengan cara itu InsyaAlloh website atau artikel kita bisa masuk di rangking 10 besar di google search. Trafik pengunjung yang banyak adalah modal utama dalam bisnis online, layaknya kita mempunyai sebuah tempat yang ramai dikunjungi orang, banyangkan kalau suatu tempat setiap hari ada 60.000 orang yang datang. Bisa kita tawari produk atau ditempat itu kita jadikan media pasang iklan. Makanya para blogger berlomba-lomba, kerja didepan komputer berjam-jam bahkan seharian hanya untuk mengejar trafik pengunjung blognya. 
5.   Dapatkan Uang dari Website Anda
Setelah trafik sudah tinggi, Anda bisa gunakan website ini untuk menjual produk Anda sendiri atau Anda menjualkan produk orang lain atau bisa juga dipasangi iklan

Demikian secara global bisnis online untuk pemula seperti saya ini. Sebelum ditutup ingin saya sampaikan beberapa hal apabila kita terjun ke dunia bisnis online
  1. Bila Anda ikut program iklan, filter iklan yang masuk ke website Anda. Tentunya tidak semua iklan baik untuk ditampilkan.
  2. Menjaga Mata, Alhamdulillah kita diberi mata yang bisa melihat. Bayangkan bila Anda tidak bisa melihat sehari saja, atau lihatlah saudara kita yang Alloh uji dengan kebutaan. Maka bersyukurlah dengan menggunakan mata Anda untuk kebaikan dan jauhkan dari melihat yang haram.
  3. Disiplin mengelola waktu. Sesungguhnya Alloh punya hak, keluarga kita punya hak, jasad kita juga punya hak. Misalkan kita cukupkan kerja online sehari 6 jam saja, waktu 18 jam kita gunakan untuk sholat, belajar agama, momong anak, bantu istri dirumah. Luangkan dalam seminggu sehari untuk libur, kita gunakan untuk keluarga, silaturahmi, ziaroh ke teman, menghadiri pengajian. Ketahuilah, sudah banyak korban dalam bisnis online, mereka menjadi budak dunia, mereka tinggalkan sholat, mereka jauh dari agama, anak jauh dari ikatan emosional dengan bapaknya karena sang bapak tidak meluangkan waktu untuk bercanda dan memperhatikan mereka. Demikian juga untuk ibu rumah tangga yang terjun di bisnis online. Jangan sampai melalaikan tugas utamanya.
  4. Kita harus punya tekad bila kita terjun ke dunia bisnis online kita lebih banyak waktu luang, kita lebih dekat dengan keluarga, lebih mudah untuk menghadiri majelis ilmu, lebih berpartisipasi aktif dalam dakwah dan sosial masyarakat. Amiin 
Semoga bermanfaat dan mohon maaf atas segala kekurangannya. Terimakasih
Load disqus comments

0 komentar