Cara mengatasi Not Responding pada Komputer


Penyebab dan Cara mengatasi Not Responding pada Komputer ~ Komputer adalah  sebuah alat elektronik yang sering kita gunakan untuk melakukan pembelajaran dan juga bisa untuk bermain game. Tapi jika suatu komputer terjadi suatu masalah yaitu terjadinya Not responding bikin kita kesal saja. Misalkan lagi asik bermain game dan terjadi kesalahan windows atau not responding , pasti Anda akan merasa kesal. Tenang saja, saya akan kasih tau tipsnya cara mengatasi not responding pada komputer berbasis windows secara lengkap dan akurat.

Not responding adalah sebuah kesalahan terhadap software atau juga terhadap windows yang akan mengakibatkan software atau windows tersebut tidak bekerja dan komputer akan menutupnya. Biasanya kalau komputer mengalami not responding akan muncul sebuah pertanyaan di mana isinya Anda harus menutup software tersebut atau menunggu kembali normal lagi. Not responding ini bisa terjadi di komputer atau juga di laptop. Silakan simak dengan baik tips mengatasi Not responding pada komputer atau laptop windows berikut ini.
not responding di komputer atau laptop


Penyebab dan Cara mengatasi Not Responding pada Komputer


1. Banyak software yang berjalan saat start UP
Perlu di ketahui, bahwa program start up ini juga menentukan lambat atau tidaknya komputer Anda. Jika ada banyak software yang ada di program start up sebaiknya di kurangi. Pilih software yang penting saja saat komputer pertama kali dinyalakan. Untuk menghilangkan software yang berjalan saat komputer pertama kali di jalankan adalah dengan cara masuk ke msconfig cukup menekan tombol windows+R atau menu RUN kemudian ketikkan "msconfig" tanpa tanda petik.

2. Banyak software yang dijalankan
Terlalu banyak software atau program yang dijalankan juga termasuk penyebab komputer not responding. Ukuran RAM yang terlalu kecil jika menjalankan software secara bersama-sama akan mengakibatkan windows not responding. Cara mengatasinya Anda harus menutup software yang tidak diperlukan.

3. Terlalu banyak Gedgets
Anda mungkin tidak memikirkan seberapa besar kekuatan komputer Anda untuk menampung besarnya penggunaan CPU. terlalu banyak gedgets ini sangat berpengaruh terhadap terjadinya not responding. Pasang sewajarnya saja, sesuaikan dengan spesifikasi komputer yang Anda miliki. Cara mengatasinya dengan menghapus gedgets yang ada di dekstop komputer Anda.

4. Sistem operasi rusak
kasus ini juga bisa menyebabkan komputer atau laptop not responding. Biasanya pada saat start windows akan sangat lama, dan jika membuka software akan not responding dulu lalu bisa normal lagi dengan waktu yang cukup lama. Cara mengatasinya cukup menginstal ulang windows.

5. Hardisk (hardware)
Kerusakan pada hardware juga bisa mengakibatkan komputer not responding, salah satunya yaitu hardisk. Jika hardisk rusak kemungkinan besar hal ini yang menyebabkan komputer Anda not responding. Cara mengatasinya dengan mengecek kembali hardware yang ada di komputer anda khususnya hardisk, apakah sudah terpasang dengan benar atau tidak, dan cek kesehatan hardisk komputer Anda.


Jika masih terjadi not responding pada laptop atau komputer Anda bisa juga melakukan tips dibawa ini.
  • Klik kanan pada dekstop
  • Kemudian pilih New lalu pilih shortcut
  • Setelah itu masukan kode berikut ini. 
taskkill.exe /f /fi “status eq not responding”

not responding di komputer atau laptop


Sekian tips cara mengatasi komputer not responding dari saya. semoga bisa membantu Anda memecahkan masalah komputer yang sering terjadi not responding. 
Bagikan Ke Teman Anda
Cara mengatasi Not Responding pada Komputer | Aris Subekti | 5